Tidak Hilang Identitas
Barcon alias barang contoh modifikasi, sepertinya sudah jadi menu utama setiap pabrikan ketika melaunching motor baru. Seperti yang juga dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM) yang pada Kamis, 4 Desember lalu memperkenalkan Honda Blade 110R.
Tentunya tetap ada batasan yang kudu dijaga. Apalagi ini merupakan persembahan pabrikan. Setidaknya konsumen yang mau beli Blade 110R punya gambaran jelas kalau mau beli dan untuk kemudian dimodifikasi.
“Jiwa modifikasi mestinya tidak menghilangkan identitas produk. Kurang tepat ketika seseorang memodifikasi motor tapi tidak tahu kendaraan apa yang menjadi basicnya,” tandas Reza Godman selaku supervisi Blade 110R modif ini.
Jelas memang konsep yang diusung PT AHM terhadap Blade 110R ini. Headlamp dan front winker, F Shield, sasis masih tetap mempertahankan aslinya.“Ubahan terjadi di sektor kaki-kaki depan dan belakang,” ramah Reza lagi.
Karenanya, ketika seseorang melihat tampilan motor berkapasitas 110 cc yang sudah kena sentuhan modif ini, secara mantap pasti bakal bilang kalau ini Blade 110R.
Buat yang pengin puas melototin Honda Blade Advanced ini, silakan aja berkunjung langsung ke stand Honda di Jakarta Motorcycle Show 2008. Event dua tahunan itu berlangsung hingga 14 Desember 2008 mendatang.
KAKI-KAKI MOGE
Menurut Reza, ubahan pada kaki-kaki dilakukan untuk mendapatkan kesan moge. Seperti halnya pakar modifikator, Reza juga bilang kalau bagian paling eye catching dalam sebuah modifikasi memang ada di bagain itu.
Pemilihan komponen yang mau dipasang, diupayan masih berasal dari Honda juga. “Menggunakan varian moge Honda. Proses desainnya, terlebih dahulu disket. Tentunya supaya hasil yang didapat tetap proporsional,” jelasnya.
Penggunaan dua buah cakram depan untuk menambah kesan sporty ala moge sport Honda. Sekali lagi ia mengatakan, ubahan di sektor kaki-kaki ini tidak akan menghilangkan imej Blade.
BUNTUT PEDROSA
Dunia balap jadi inspirasi dunia modifikasi. Salah satu yang paling banyak diaplikasi yakni bagian belakang. Bokong motor balap di ajang MotoGP memang seksi abies. Bokong Honda RC212V besutan Dani Pedrosa jadi contohnya.
“Memang pada bagian ini sedikit mengubah bentuk. Karena mengikuti ubahan bagian suspensi belakang yang monosok dan lengan ayun lebar,” papar Reza.
APLIKATIF DI HARIAN
Satu hal lagi yang diwanti oleh Reza. Modifikasi itu mestinya bisa digunakan untuk kendaraan harian. Salah kaprah kalau memodifikasi tapi hanya untuk tampilan semata.
Kodratnya motor untuk dikendarai. “Jadi salah kaprah kalau mengubah tampilan motor oke tapi tidak bisa diajak jalan,” paparnya.
MOTOR Plus sudah mengusung itu jauh hari! Namanya MEFRIK (Modern, Estetika, Fungsional, Rasional, Inovasi dan Kreasi).
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Dunlop 120/60-17
Ban belakang : Dunlop 150/60-17
Pelek belakang : Asahi 4.50-17
Pelek depan : Asahi 3.50-17
Lengan ayun : Honda CBR 600 custom
Sok depan : aftermarket
Mufler : Honda CBR 1000 Custom
Monosok : YSS
sumber : motorplus-online.com/index.php/article/detail/id/244
Tidak ada komentar:
Posting Komentar