Honda Blade 110R punya beberapa fitur yang tidak dimiliki bebek Honda pendahulu lainnya. Yap! Apa aja ya? Ini dia!
CEGAH RANTAI TERKUNCI
Honda menyebut fitur ini dengan nama Sprocket Chain Stopper. Fungsinya bukan sekadar pemanis gir belakang. “Ketika rantai putus tidak membelit ke bagian luar gir belakang dan akhirnya nyangkut dan terkunci,” ujar Sarwono Edi, Manager Technical Service Deparment, PT Astra Honda Motor (AHM).
PELINDUNG KAKI
Meski terlihat simpel, tapi punya fungsi maksimal. Coba tengok bagian luar bak kopling. Sebelum footstep pengendara, ada semacam part diaplikasi. Mau tahu fungsinya? “Untuk menjaga kaki dari panas mesin,” ujar Edi lagi.
Meski, panas dapur pacu yang ditimbulkan tidak sepanas mesin lainnya karena mesin minim friksi, tapi namanya buat perlindungan juga dipikirkan AHM! Kaki pun tidak bersentuhan langsung dengan bak kopling.
KEJAR SPORTY
Ini yang nggak biasa di Honda, terutama tipe bebek. Apalagi kalau bukan footstep pembonceng. Jika di bebek pendahulu footstep model pisah (tidak langsung terhubung frame), kini dibuat seakan menyatu.
Ya! Pijakan kaki belakang mengambil dudukan langsung dari frame tengah. Dulu menjadi satu dengan as lengan ayun. “Ini untuk mengejar tampilan sporty,” tambah Sarwono Edi.
MASIH BERSAYAP
Jika dilihat dari samping, bebek baru Honda ini seperti tidak pakai sayap. Tapi jika sudah berada di atasnya atau ketika mengendarainya, masih ada bagian kaki juga terlindungi. Itu artinya, masih punyai sayap? Kan, aliran angin masih bisa terpecah sebelum mengenai kaki atau betis atawa paha. Mungkin juga, karena desain fender samping ini agak lebih lebar kali ya? Jadi jika dilihat dari atas, seperti sayap.
PADAT BERISI
Menarik gak sih? Iya, kalau lihat besi behel atau handel pegangan belakang. Dibuat tidak sebatas pipa bulat atau kotak melingkar. Tapi tak ada lagi sisi kosong hingga dudukannya. Kini, semua dibuat padat berisi. Menarik kah?
sumber : motorplus-online.com/index.php/article/detail/id/333
Tidak ada komentar:
Posting Komentar