Kamis, 25 Desember 2008

Honda Blade 110R 2008 Racing Versi Pabrikan

Nampaknya PT Astra Honda Motor (AHM) sudah tidak terbendung asa. Ya, turun di gelaran balap nasional sudah dijalankan. Salah satu bukti lainnya, ini nih! Honda Blade 110R yang nangkring di stan Honda di Jakarta Motorcycle Show 2008 (JMS), JCC, Senayan, Jakarta Pusat.

Oleh PT AHM, Blade 110R yang resmi dilaunching 4 Desember lalu, dibuat versi road race atau motor balap aspal. Dilihat dari bodi sih, nggak ada ubahan berarti! Mungkin karena bodi Blade 110R sudah sangat representatif mewakili ketangguhan Honda buat tarung di kelas MP-1 atau IP-1. Yup, kelas bebek 110 cc tune-up.



“Ini sebagai bentuk atau contoh, untuk para pencinta Honda di arena balap agar tahu acuan modif road race untuk Blade,” ujar Handy Hariko, Deputi GM Technical Service Division, PT AHM. Pria ramah ini juga yang terjun langsung, untuk urusan balap Honda di Indonesia.

Apalagi diharapkan dari engine-nya, Honda Blade 110R yang mengusung mesin tipe NF110 ini bakal sangat kompetitif. Kan, sudah nggak lagi 97 cc. Tapi, sudah 109 cc. So, buat dibore up hingga 116 cc pun enggak masalah. Begitunya nggak banyak ubahan yang kudu dilakukan para pencintanya di sektor mesin.

Nah, buat pendukung lain nih! Sobat bisa simak sendiri langsung lewat foto. Ini tentunya buat yang enggak sempat datang ke JMS yang dihelat 6-14 Desember lalu.
Mulai dari sektor kaki-kaki dulu aja. Pelek palang yang diaplikasi, sudah cukup mumpuni buat dipakai di balap.

Di Blade 110R versi racing ini, ban tetap mengaplikasi lingkar roda standar. Enggak perlu diganti karena dari bobot pelek juga sudah mumpuni. Selain ringan, juga kuat! Paling tidak penyesuaian hanya ada di karet bundar. Yup! Tentunya, memakai karet bundar sesuai regulasi yang sudah ditentukan PP IMI.

Nah..., buat meredam kejut sektor buritan, suspensi Blade 110R yang sudah mumpuni buat harian pun diganti sok versi racing. Tentunya agar kemampuan entakan yang tersalur dari engine dan lintasan, dapat teredam sempurna.

Ubahan paling kentara lain, ada di sektor pengereman. Kaliper Blade 110R buat roda depan yang aplikasi satu piston, diganti model dua piston tipe racing. Agar bobot pengereman belakang mampu ikuti roda depan, maka kaliper satu piston berikut disk pun melekat di buritan.

Kombinasi pas!

DATA MODIFIKASI

Ban : Slick 90/80-17
Cakram depan : Daytona
Footstep : Yoshimura
Knalpot : Standar Blade
Karburator : Mikuni 24 mm



sumber : motorplus-online.com/index.php/article/detail/id/309
Rating: 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel pada kategori yang sama

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...