Senin, 19 Mei 2008

M1 Rossi Versi Bebek

Yamaha Jupiter MX 135LC 2006

Fans berat sama Valentino Rossi yang membuat Jani Satria makin gila. Bukan cuma sosok orang yang diidolakan. Yamaha M1 800 cc pacuan Valentinik juga begitu didambakan. Tak heran jika MX miliknya dipermak mirip tunggangan tim Fiat Yamaha. Hanya saja, motor doi cuma bebek.

Jani yang tinggal di Argomulyo, Sedayu, Bantul, Jogja ini bukan kerja sama dengan Jeremy Burges, mekanik Rossi. Tapi, diserahkan kepada builder muda, Didi Jhony, pemilik rumah modifikasi Jhony Custom.
Sebelumnya mereka berembuk dahulu ngomong masalah konsep. Dari beberapa yang ditawarkan Didi, akhirnya di ACC alias acal cetuju caja modif mirip gacoan Rossi. “Siapa tahu dengan modif begitu bisa ikutan banyak hoki.” harap Jani.



Sebagai langkah awal main telanjang dulu. Semua baju MX langsung dilucuti. Kemudian kaki depan atau sok depan yang standar diover alir buatan Gaz’i. Dengan alasan selain lebih modis juga tambah kuat.

Kaki belakang atau swing-arm dipasang model pisang Aprilia RS125 yang diklaim sebagai barang handmade Jhony Custom. Sok belakang tetap menggunakan monosok asli. Hanya saja pemasangan kudu disinergikan dengan arm buatan dewek itu.

Sekian saat telanjang, kini giliran menyiapkan baju atau fairing. Fairing yang asli tetap digunakan, hanya saja mengalami peruhan dengan bantuan fiberglass. Contohnya dibatok lampu. Di bagian ini lampu diganti di cover depan. Sedang dibatok kepala didesain seperti motor buat balap.

Tutup mesin juga banyak mengalami perubahan. Semula kecil, kini jadi besar dan tambah serasi dengan fairing asli. Dan perubahan lain juga tampak diujung buritan atau ekor. Lampu stop belakang sengaja dicetak ulang dengan fiberglass cair warna merah.

Masih demi menyesuaikan tampilan, jok dibikin single atau tunggal. “Kemudian, karena mesin sudah sedikit mengalami bore up, knalpot asli diganti jenis racing variasi,” jelas bro dari Jl. Janti, No. 88A, Jogja.

KOK DIJUAL?
Setelah fairing kelar, lantas dicat atau digrafis sesuai motif Fiat Yamaha milik Valentino Rossi. “Rupanya hoki Rossi menular ke saya. Karena motor saya dibeli orang Medan seharga Rp 16 juta,” bangga Joni yang juga anggota Yamaha MX135 Club Indonesia (YMCI) ini. Mungkin, gara-gara dijual prestasi Rossi di 2007 ikut melorot.

DATA MODIFIKASI
Ban depan Swallow 100/70-17
Ban belakang Swallow 120/70-17
Cakram + kaliper Daytona double piston
HP builder 0813-9220-7040


sumber : motorplus-online.com/articles.asp?id=10946
Rating: 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel pada kategori yang sama

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...