Minggu, 31 Agustus 2008

Salah Satu Kuncian Hemat BBM

Servis Air-jet Karbu

Servis karburator nggak cuma dicuci, semprot spuyer dan setel pelampung. Pastikan lubang air-jet di moncong karbu juga diservis. “Kalo ini ndak dibersihin, konsumsi bahan bakar tetap boros,” tegas Imam Sasii, mekanik Yamaha Top One Echo from Semarang.

Lubang air-jet berfungsi mengalirkan udara dari boks filter langsung menuju ke nozzle. Suplai udara dari air-jet menuju nozzle yang biasa disebut dudukan main-jet. Udara dari air-jet membantu bahan bakar naik ke lubang spuyer. Dari situ udara bercampur dengan bahan bakar.

Makanya jika campuran bahan bakar tak seimbang, mesin tersendat. “Kalo digas blebek-blebek,” jelas Imam yang buka bengkel di Jl. Malabar, No. 15, Kp. Kali Langse, Semarang.

Menservis air-jet mudah. Karbu cukup disiram dengan bensin lalu disemprot angin tekanan tinggi seperti dari kompresor. Lebih eces lagi pake cairan pembersih karburator. Tinggal semprot, tunggu sejenak, lalu tiupkan angin kompresor.

“Bisa juga dicolok pakai serabut kawat dari kabel. Tapi pastikan diameter kawat pas dengan lubang air-jet. Sebab, kalau kebesaran bisa mengubah ukuran air-jet. Hasilnya motor malah sulit dihidupkan,” papar Imam.

Setelah itu, lanjut bersihkan nozzle. Yang ini kudu bongkar karbu. Diikuti melepas main-jet. Lalu gunakan tang untuk melepas nozzle. “Setelah dirakit kembali, jangan lupa atur ulang setelan anginnya. Sebab, biasanya ada perubahan sedikit,” anjur Imam.

sumber : mplus

Rating: 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel pada kategori yang sama

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...