Selasa, 05 Juni 2012

Caligynephobia - Fobia Pada Si Cantik



BIASANYA pria paling suka berada di antara perempuan cantik. Tapi ada pria tertentu yang malah berlaku sebaliknya. Mereka menghindar bila bertemu perempuan cantik. Venustraphobia/Caligynephobia , begitu nama fobia ini. Artinya, rasa takut yang berlebihan pada perempuan cantik. Lho kok bisa?

Rasa Takut Berlebihan

Venustraphobia (disebut juga caligynephobia) adalah rasa takut yang berlebihan terhadap perempuan cantik. Sama halnya dengan fobia jenis lain, fobia ini juga disebabkan stimulan yang tidak wajar, tapi tidak membahayakan jiwa. Biasanya disebabkan oleh kejadian atau pengalaman buruk yang berkaitan dengan perempuan cantik yang mengakibatkan trauma psikologis si penderitanya.


Apa sih yang dirasakan para penderita venustraphobia ketika berada di antara perempuan cantik?

Seperti dilansir dari Ehow, gejala lain yang dialami penderita caligynephobia saat melihat wanita cantik baik langsung maupun di televisi, foto atau video adalah:
- Sesak napas, napas menjadi cepat dan pendek
- Detak jantung tidak teratur
- Berkeringat dingin
- Mual
- Ketakutan secara menyeluruh

Para psikolog mengatakan penyebab dari venustraphobia adalah perasaan tidak percaya diri atau rendah diri yang berlebihan, perasaan takut ditolak, takut tidak diterima atau takut gagal membina hubungan.

Bisa Sembuh

Bila pasangan menunjukkan gejala venustraphobia, Anda tak perlu khawatir. Dia tidak sendirian di dunia ini. Menurut sebuah penelitian, sekitar 0,47% pria di Inggris dan 0,61% pria di Amerika terserang fobia ini. Penelitian lain menyebutkan penderita venustraphobia lebih banyak berasal dari kalngan menengah ke atas.

Penderitanya bisa disembuhkan. Ada beberapa metode pemulihan untuk membuat penderitanya keluar dari ketakutan. Mulai dari hipnoterapi, neuro-linguistic programming, hingga energy psychology. Seperti komputer, hipnoterapi dilakukan dengan memprogram ulang alam bawah sadar penderitanya dengan bantuan terapis atau psikolog sebagai mediator. Ketika rasa takutnya telah diprogram ulang, gejala fobia akan ditekan seminim mungkin.

Sedangkan penyembuhan dengan neuro-linguistic programming menggunakan imajinasi untuk memprogram ulang rasa takut pada si penderita. Untuk energy psychology, ini merupakan terapi pemulihan yang menggabungkan berbagai macam bentuk pemulihan terhadap fobia. Dan, metode ini relatif aman. Cara lain yang juga dilakukan untuk penyembuhan adalah menggunakan obat anti depresan, terapi bicara atau cognitive behavior therapy.

Rating: 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel pada kategori yang sama

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...