Jumat, 01 November 2013

4 Langkah Mudah Memilih Router Mikrotik Sesuai Kebutuhan



Artikel ini khusus bagi anda yang ingin membangun sebuah jaringan komputer, baik dalam skala besar maupun kecil dengan menggunakan Router Mikrotik. Dalam hal ini akan membahas tentang bagaimana cara memilih produk yang pas sesuai dengan kebutuhan kita.

Bukan bermaksud promosi, tapi ini memang sangat berguna agar sesuatu yang kita beli tidak mubazhir dan mungkin tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Karena dari pengalaman yang didapat, ada yang membeli sebuah router mikrotik, namun tidak sesuai dengan apa yang di butuhkan. Sehingga fungsi dari produk yang dia beli kurang optimal.

Jadi bagaimana menentukan Router Mikrotik apa yang kita butuhkan? (ingat: kebutuhan setiap orang berbeda-beda, jadi mesti disesuaikan sendiri-sendiri. Ini hanya contoh dari pengalaman).

1. Tentukan Jumlah Ethernet yang Dibutuhkan
Hal ini sangat penting, karena semakin banyak jumlah ethernet yang dibutuhkan, maka biasanya juga berpengaruh terhadap jumlah uang yang akan anda keluarkan.

2. Tentukan Jumlah Wireless Interface yang Dibutuhkan
Jika anda berencana membuat sebuah jaringan nirkabel (tanpa kabel) atau biasa yang disebut dengan Wireless atau Hotspot, maka anda harus menentukan juga jumlah wireless interface yang anda butuhkan. Hal ini dipengaruhi oleh tujuan anda dalam membangun sebuah jaringan, apakah untuk pribadi, umum, atau bisnis.

3. Tentukan Troughput yang Anda Butuhkan
Troughput dapat diartikan sebagai Jumlah kerja yang dapat diselesaikan dalam satu unit waktu. Cara untuk mengekspresikan throughput adalah dengan jumlah job pemakai yang dapat dieksekusi dalam satu unit/interval waktu. Dalam sasaran penjadwalan proses, throughput ini adalah memaksimalkan jumlah job yang diproses per satu interval waktu. Lebih tinggi angka throughput, lebih banyak kerja yang dilakukan sistem. Jadi, ini merupakan perhitungan bandwidth yang anda butuhkan.

 4. Tentukan Jumlah Lalu Lintas Paket Data yang Dibutuhkan
Untuk yang satu ini sangat dipengaruhi oleh tujuan dari pembuatan jaringan, misal anda membuat jaringan komputer untuk Penggunaan game online, biasanya data yang dilewatkan adalah protokol UDP dan besarnya paket sangat kecil. Meskipun besarnya bandwidth relatif kecil, namun dalam kondisi tersebut, jumlah pps data sangatlah menentukan. Jadi, disini anda dapat menentukan sendiri sesuai kebutuhan anda. 

Nah, dari empat penjelasan singkat diatas, anda tentu sudah punya sedikit gambaran akan kebutuhan anda. Trus, bagaimana cara anda menentukan perangkat Router Mikrotik yang lebih spesifik lagi? Silahkan anda berkunjung ke http://www.mikrotik.co.id/pemilihan.php untuk memulai pemilihan. Silahkan masukkan value dari empat opsi yang telah disediakan. Setelah selesai, klik submit. Maka akan muncul sejumlah daftar produk yang cocok dengan kebutuhan anda sesuai dengan value yang anda isi. Itulah pembahasan singkat dari pengalaman yang didapat.

Semoga bermanfaat.


source : http://rshsmart.blogspot.com 
Rating: 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel pada kategori yang sama

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...