Selasa, 25 Juni 2013

Adu Teknologi Layar Sentuh

NOVA Display vs Super AMOLED vs Retina Display vs ClearBlack AMOLED





Dikutip dari review1st, dari postingan menarik yang dirilis Phonearena. Situs tersebut mengadukan empat teknologi layar sentuh tercanggih saat ini. Sebut saja, NOVA Display, Super AMOLED, Retina Display, ClearBlack AMOLED. Hmm, jadi penasaran siapa yang menang dan sampai mana sih kehebatan masing-masing teknologi?

Phonarena mengadukan empat smartphone pengusung teknologi display terbaik saat ini. Antara lain lain iPhone 4 berlayar 3,5 inci resolusi 640×960 piksel berbasis teknologi IPS-LCD buatan LG. Layarnya dijuluki Retina Display. Lantas LG Optimus Black mengandalkan teknologi IPS-LCD di layar 4 inci resolusi 480×800 piksel dengan sebutan NOVA Display.
Kelebihan IPS-LCD pda iPhone 4 antara lain mampu bercahaya dengan lebih dari 500 nit (satuan tingkat cahaya, setara dengan candela per meter persegi) cocok untuk penglihatan di luar ruangan. Kontras lebih baik, viewing angle lebih luas dan memiliki konsumsi daya lebih rendah dari display LCD. Tapi LG mengklaim NOVA Display (berbasis IPS-LCD terbaru) di Optimus Black lebih ‘top’ karena bisa memberikan sinar lebih terang sampai 700 nit. Menariknya peningkatan ini disebut-sebut tak akan berpengaruh pada daya tahan baterai, bahkan lebih efisien ketimbang IPS-LCD pendahulunya.
Layar LG Optimus Black diperkirakan tak mengkonsumsi energi (0 watt) saat dalam tampilan ‘hitam’ persis seperti AMOLED. Dan, hanya membutuhkan 0,7 watt saat menampilkan halaman putih. Sementara Retina Display pada iPhone membutuhkan 0,42 watt untuk melakukan dua hal di atas.
Berjajar dari kiri ke kanan – Apple iPhone 4, LG Optimus Black, Nokia E7, Samsung Galaxy S:
Adu Teknologi Layar Sentuh: NOVA Display vs Super AMOLED vs Retina Display vs ClearBlack AMOLED

Irit dengan zero watt (0 watt) saat dalam tampilan hitam (standby) adalah kemampuan khusus yang dimiliki layar berbasis AMOLED. Pada NOkia E7, saat dalam kondisi tersebut, piksel benar-benar ‘off’ atau hitam, tidak ‘keabu-abuan’ seperti pada teknologi LCD yang backlight-nya ‘on’ terus menerus. Teknologi di layar 4 inci Nokia E7 disebut ClearBlack AMOLED dan memiliki ‘polarizing filter’ di atasnya yang melindungi dari terpaan cahaya sehingga gambar tetap ‘jernih’ meski di bawah sinar matahari langsung.


Pada Samsung Galaxy S, tertanam teknologi Super AMOLED yang memiliki karakter 20 persen lebih cerah dari AMOLED biasa, namun konsumsi dayanya tetap sama. dari segi kemasan lebih tipis. Pada Samsung Galaxy S, teknologi Super AMOLED-nya memiliki ‘anti-reflectance coating’ yang membuat layarnya tetap optimal di bawah terik matahari. Sama seperti IPS. Padahal satuan tingkat cahayanya hanya 300 nit. Sekedar catatan, ponsel LCD biasa umumnya seperti kehilangan gambar saat tersorot sinar matahari.
Berjajar dari kiri ke kanan – Apple iPhone 4, LG Optimus Black, Nokia E7, Samsung Galaxy S:
Adu Teknologi Layar Sentuh: NOVA Display vs Super AMOLED vs Retina Display vs ClearBlack AMOLED
Pada akhirnya, ini adalah pertarungan antara ‘superior brightness’ dari teknologi IPS-LCD pada iPhone 4 dan LG Optimus Black versus kontras level ‘luar biasa’, viewing angle lebih luas, saturasi warna ciamik dari AMOLED Display pada Nokia E7 dan Samsung Galaxy S.
Gambar di bawah memperlihatkan dengan jelas bahwa teori yang dibeberkan cukup terbukti (ponsel ditaruh berjejer). NOVA Display pada LG Optimus Black memiliki tampilan paling ‘terang’ namun warna dan tingkat kecerahan ini perlahan menyusut saat layar ponsel berada pada sudut kemiringan tertentu. Beda dengan ClearBlack AMOLED dan Super AMOLED pada Nokia E7 dan Samsung Galaxy S yang tak ada masalah dengan sudut kemiringan. Warnanya tetap kaya dan ‘tingkat kecerahan’ layar tetap terjaga dari sudut 10 hingga 170 derajat.
Berjajar dari kiri ke kanan – Apple iPhone 4, LG Optimus Black, Nokia E7, Samsung Galaxy S:
Adu Teknologi Layar Sentuh: NOVA Display vs Super AMOLED vs Retina Display vs ClearBlack AMOLED
Gambar dalam kondisi outdoor memperlihatkan bahwa ‘anti-reflectance coating’ memiliki kemampuan lebih baik dalam menampilkan display di bawah sinar matahari langsung ketimbang ‘high brightness’. Tak heran, Samsung Galaxy S yang memasang anti-reflectance coating dan Nokia E7 yang menanamkan filter khusus yang mampu mereduksi cahaya terasa lebih baik dari iPhone 4 dan LG Optimus Black yang hanya menyodorkan ‘tingkat kecerahan tinggi’ untuk melawan sinar matahari.
Adu Teknologi Layar Sentuh: NOVA Display vs Super AMOLED vs Retina Display vs ClearBlack AMOLED
Sebagai catatan akhir, LG Optimus Black yang diuji masih merupakan versi prototipe. Mungkin saja belum menanamkan lapisan ‘anti-reflectance’ dan oleophobic. Dalam versi retail-nya bisa saja kemampuannya lebih baik. Bagaimana? Mau pilih smartphone berteknologi layar sentuh apa sekarang?

source : http://www.phonearena.com , http://www.review1st.com

Rating: 4.5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel pada kategori yang sama

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...